Syarat dan Ketentuan
Paket Obat ISOMAN Gratis
dari Kemenkes RI

Hak Cipta © 2022 Alodokter 

Paket 1
(Untuk Pasien COVID-19 Tanpa Gejala)

  • Mutivitamin (B, C, E, Zinc)
  • Vitamin C
  • Vitamin D

Daftar obat dan vitamin yang ditanggung Kemenkes RI

Berikut ini panduan untuk mendapatkan konsultasi dokter gratis di Aplikasi Alodokter & Program Paket Obat Gratis Dari Kemenkes RI khusus untuk Pasien COVID-19 Tanpa Gejala dan Pasien Gejala Ringan:

1. Pasien melakukan tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. Pasien juga dapat memeriksa apakah NIK sudah terdaftar di 
isoman.kemkes.go.id/panduan

2. Untuk mendapatkan layanan konsultasi Dokter gratis di Alodokter & Program Paket Obat ISOMAN Gratis pasien bisa daftar melalui tombol daftar di bawah:

Paket 2
(Untuk Pasien COVID-19 Gejala Ringan)

Paket 2A

  • Mutivitamin (B, C, E, Zinc)
  • Favipiravir 
  • Parasetamol

Syarat & Ketentuan Penebusan Paket Obat ISOMAN Gratis yang disediakan oleh Kemenkes RI

  • Hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin. Jika hendak melakukan pengecekan lebih lanjut, dapat menghubungi nomor Whatsapp "Halo Kemenkes" di +62 812-6050-0567
  • Jika dari hasil konsultasi, pasien dinyatakan bergejala sedang - berat oleh dokter, pasien tidak dianjurkan untuk menjalani isolasi mandiri, sehingga akan diarahkan ke fasilitas kesehatan yang lebih memadai.
  • Paket obat ISOMAN gratis hanya berlaku di wilayah sesuai dengan jangkauan wilayah yang ditetapkan Kemenkes RI

Penggunaan obat wajib menggunakan resep dokter.

Jika dibutuhkan obat-obatan lain di luar paket obat isoman gratis yang tertera diatas, pasien dapat menebusnya secara mandiri.

Cara Penebusan Paket Obat ISOMAN Gratis yang disediakan oleh Kemenkes RI

1. Dokter Alodokter akan mengirimkan resep elektronik melalui WhatsApp atau email setelah melakukan konsultasi.

2. Kunjungi website Kementerian Kesehatan RI (https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat) untuk menebus obat. Masukkan NIK & Nama Pasien,  pilih telemedisin Alodokter, dan upload resep dari aplikasi Alodokter 

3.Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan jasa pengiriman dari SiCepat untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.

Catatan: 
Pasien yang berhak mendapatkan obat dan vitamin adalah pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif, serta yang mengisi alamat pengiriman pada formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.


5. Setelah melakukan konsultasi secara menyeluruh, Dokter akan memberikan resep elektronik Paket Obat ISOMAN Gratis dari Kemenkes RI sesuai kondisi pasien. Apabila diperlukan, Dokter juga dapat meresepkan obat-obatan lain di luar paket obat Kemenkes RI yang bisa ditebus secara mandiri.

6. Informasikan kembali NIK, Nama Sesuai KTP, Nomor WA & Email pada saat berkonsultasi dengan dokter Alodokter untuk keperluan peresepan Paket Obat ISOMAN Gratis.

7. Alodokter akan mengirimkan resep elektronik Paket Obat ISOMAN Gratis dalam bentuk PDF via WhatsApp atau Email.
Daftar

3. Setelah mengisi form, pasien yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan konfirmasi WhatsApp dari Alodokter, untuk mendapatkan kode voucher konsultasi gratis dengan dokter di Aplikasi Alodokter.

4. Download aplikasi Alodokter Via Google Play atau App Store, Login atau registrasikan diri di aplikasi ALODOKTER. Buka menu utama Chat Dokter, dan pilih chat dokter umum. Pada kolom Biaya Konsultasi, masukkan kode voucher sesuai informasi yang Anda dapatkan dari konfirmasi Whatsapp Alodokter.

  • Mutivitamin (B, C, E, Zinc), 1x1 (10 tab)
  • Azitromisin 500mg, 1x1 (5 tab)
  • Oseltamivir 75mg, 2x1 (14 tab)
  • Parasetamol 500 mg, jika perlu (10 tab)